Papan Semen Praktis dan Fungsional

Salah satu yang mudah diingat konsumen adalah papan semen sebagai alternative pengganti triplek dan papan gypsum karena keunggulanya seperti tahan terhadap air dan kelembaban. Inilah yang menjadi alasan kuat konsumen memilih material papan semen, selain karena kebutuhan akan desain rumah yang unik dan menarik. 

Papan fiber semen hadir untuk mengatasi kelemahan papan gypsum yang kurang tahan terhadap air, jamur, benturan keras, juga rayap dan api (terutama kertasnya), atau papan triplek yang tidak ramah lingkungan karena berhubungan langsung dengan kelestarian hutan. Fenomena inilah yang akhirnya melahirkan bahan material papan semen (GRC board). Material yang bersahabat dengan alam, praktis dan efektif dalam pemasangan, serta tidak menggangu pada kesehatan manusia menjadi salah satu pilihan pengganti triplek dan papan gypsum.

Keunggulannya seperti tahan terhadap air dan kelembaban menjadikan papan semen yang terbuat dari bahan semen yang ditulangi oleh serat fiberglass sehingga kuat dan tidak mudah pecah, menjadi alternative material yang sangat layak dijadikan pilhan Anda yang sedang membangun atau merenovasi rumah. Untuk lebih jelasnya, berikut kami paparkan definisi dan keunggulan papan semen pemasangan, serta tip penempatan.

Papan Semen Alternatif Pengganti Triplek dan Gypsum

Bahan triplek dan gypsum lebih dulu dikenal masyarakat sebagai material untuk membangun rumah. Namun, seiring perkembangan zaman, triplek tidak bisa lagi dengan sembarangan diproduksi, mengingat bahan baku yang terbatas sehingga sulit didapat. Kini, material yang bersahabat dengan alam, praktis dan efektif cenderung jadi pilihan. Salah satunya, papan semen.

Definisi dan Keunggulan papan semen

Papan semen (GRC board) terbuat dari bahan dasar semen yang ditulangi oleh serat fiberglass sehingga kuat dan tidak mudah pecah. Papan semen memiliki keunggulan, diantarannya kuat dan tahan benturan, tahan terhadap air dan kelembaban,  tahan terhadap api, tahan terhadap jamur dan rayap, serta kedap suara. Papan semen tersedia dalam dimensi 1220x2440 milimeter dengan ketebalan bervariasi dari 4 mm hingga 15 milimeter sesuai penggunaannya.

Praktis, indah dan kuat, karakter papan semen yang tentu akan membuatnya semakin banyak digunakan untuk kontruksi bangunan. Disebut praktis karena dapat digunakan untuk banyak bagian rumah, seperti plafon, partisi, dinding luar, lantai, juga sebagai penutup bagian-bagian yang tak ingin terlihat seperti kabel dan pipa air.

Berikut Perbandingan Papan Semen dengan produk lain
Papan semen (GRC board)
Triplek
Gypsum
Keterangan
V
o
X
Kuat & Tahan lama
V
X
X
Tahan air & Kelembaban
V
X
X
Tahan Api
V
X
X
Tahan Jamur
V
X
X
Tahan Rayap
V
X
O
Kedap Suara
v
X
x
Praktis & Ekonomis

Keterangan:
V = Ketahanan bagus
O = Biasa saja
X = Ketahanan tidak bagus

Pemasangan Papan Semen dan perbandingannya dengan produk lain
Aplikasi/Pemasangan
Papan Semen (GRC board)
Triplek/papan kayu
Gypsum
Interior:
Plafon (nterior/dalam ruangan)
(Overstek/luar ruangan)

V (t.4mm,5mm&6mm)
V (t.4mm,5mm&6mm)

O
X

V
X
Partisi
V (t.6mm,8mm&10mm)
O
V
Backing Spandrell (pengelap kaca)
V (t.6mm,8mm&10mm)
X
X
Cover Column (penutup kolom)
V (t.8mm,&10mm)
X
X
Lantai
V (t.15mm)
O
X
Alas Atap
V (t.6mm&8mm)
O
X
Cubical Toilet (penyeka toilet)
V (t.15mm)
X
X
Eksterior:
Cladding (Dinding Luar)

V (t.9mm&12mm)

X

X
Lisplank
V (t.8mm&9mm)
O(papan kayu)
X
Pagar Proyek
V (6mm&9mm)
O
X

Keterangan:
V = Bisa (Hasil agus)
O = Bisa (Hasil biasa saja)
X =Tidak Bisa (Hasil Tidak Bagus)

Mudah dipasang

Papan semen dapat diaplikasikan padabagian dalam (interior) sebagai palfon dan partisi dan luar (eksterior) bangunan sebagai dinding luar/cladding dan lisplank. Selain praktis dan fungsional, papan semen indah dipandang, dan dapat di-finish dengan aneka ragam dekoratif untuk memberikan nilai estetika yang bagus sebagai bahan interior. Untuk mengubah atau menutup sesuatu yang tidak sedap dipandang mata, papan semen dapat dirancang dan dipasang sehingga menjadi penutup yang membuat ruangan terlihat indah. Pada intiya, papan semen adalah bahan bangunan yang kuat, tahan lama dan tidak memerlukan biaya perawatan yang mahal. Alternative material yang sangat layak dijadikan pilihan bagi Anda yang sedang membangun atau merenovasi rumah. 

Tips Merawat dan Penempatan

1.       Dalam hal perawatan papan semen tidak berbeda jauh dengan perlakuan kita terhadap beton.  Pada dasarnya bahan finishing apapun yang bisa dipaki beton, cocok untuk dipakai GRC Board.
2.       Apabila kita menggunakan cat sebagai finishing akhirnya, hendaknya cat tersebut memiliki kualitas yang baik. Ini akan mengahasilkan pola yang lebih menarik dan dayat ahan cat yang lebih lama.
3.       Bila ingin memasang produk pada eksterior, hendaknya menggunakan sambungan flexible pada pertemuan antar panel.
4.       Pada beberapa ruang, seperti ruang tamu atau keluarga, kita dapat menampilkan GRC board dengan pola design yang menarik dan unik (plafond dan partisi). Bisa juga menempatkan GRC board pada mushola di dalam rumah, sebagai pembatas antara ruang, sehingga timbul kesan tidak kaku.
5.       Papan semen juga dapat digunakan sebagai penyekat toilet, sangat cocok untuk area yang mempunyai tingkat kelembaban tinggi.
6.       Karena terbuat dari bahan semen yang ditulangi oleh serat fiber glass sehingga kuat dan tidak mudah pecah, papn semen dapat untuk membuat fasad bangunan terlihat dinamis, serta penutup kolom yang praktis, bahkan dapat digunakan untuk lantai pada bangunan lantai dua.

2 comments:

  1. Nice Informasi..
    Kunjungi website resmi kami di GRC board

    ReplyDelete
  2. Papan semen apakah bisa untuk lantai atas dengan support kayu yg lebih rapat.
    Papan semen apakah bisa diaplikasikan sebagai atap, pengganti genteng

    ReplyDelete