10 Kiat Bikin Dapur Nyaman Dipandang


Area dapur menjadi tempat paling banyak menampung barang-barang, mulai perabot masak, peralatan makan, hingga bahan-bahan makanan. Ini belum bicara soal adanya klasifikasi dapur basah dan dapur kering.


Sejak dulu keberadaan dapur kerap "dianaktirikan" karena selain letaknya di bagian belakang rumah, penataannya juga tak jarang seadanya. Kini, tetap dengan fungsi sebagai tempat memasak, saatnya dapur mendapat perhatian lebih baik.

Area dapur menjadi tempat paling banyak menampung barang-barang, mulai perabot masak, peralatan makan, hingga bahan-bahan makanan. Ini belum bicara soal adanya klasifikasi dapur basah dan dapur kering.

Namun, jangan lekas menyerah untuk kembali menata dapur Anda. Kuncinya, Anda cukup hanya berkreasi dengan layout yang ada. Berikut langkahnya:

1
Perhatikan agar ruangan ini mempunyai akses bukaan yang baik untuk menghindari pertumbuhan bakteri dan bau pengap. Sementara untuk kelancaran sirkulasi udara, pastikan furnitur di dapur tidak menutupi bukaan tersebut.

2
Buatlah desain dapur mengikuti tema interior rumah. Ini dilakukan supaya dapur tetap bisa menjadi satu kesatuan dengan ruangan-ruangan lain.

3
Cobalah berkreasi menggunakan warna cat dinding dapur. Pakailah warna-warna terang atau menggabungkan beberapa warna sekaligus dengan pakem keserasian.

4
Untuk memberikan aksen estetis, Anda bisa menempatkan material lain di dinding atau di lantai dapur. Sebutlah misalnya, di satu sudut dinding ditempatkan aksen keramik berornamen atau keramik berpotongan besar. Sementara itu, aplikasi ubin dapat memakai pola granit atau keramik atau marmer berukuran besar untuk memberikan kesan lapang.

5
Sebaiknya, penempatan furnitur juga tepat dan disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satu solusinya adalah dengan menghadirkan kitchen set.

6
Biasanya, kitchen set terdiri dari kabinet bagian bawah, dinding pelindung (backsplash), dan kabinet atas. 

7
Model furniture ini biasanya dibuat built in, sehingga perlu perencanaan dan pengukuran tepat.
Tak lupa, sesuaikan tema kitchen set dengan tema interior rumah. Anda dapat mengutak-atiknya dengan memilih material yang digunakan.

8
Untuk kabinet penyimpanan, misalnya, Anda bisa memilih kayu solid atau kayu lapis. Sebab, kedua material ini cocok dipadukan dengan tema interior apa pun.

9
Manfaatkan pula area bawah kitchen set sebagai tempat penyimpanan. Menariknya, dengan menggunakan rak tarik berbahan stainless steel, penataan ini akan memberikan nuansa ringkas dan praktis di ruangan yang kerap berantakan ini.

10
Untuk meja, Anda bisa membuat kombinasi dengan material yang kokoh antigores, seperti keramik, granit atau marmer. Agar terlihat rapi, sebaiknya siapkan wadah-wadah penyimpanan untuk bumbu masak, makanan, dan peralatan, serta tempat sampat tertutup.
Selamat berkreasi!

1 comment:

  1. dapur yang enak dipandang bisa mempengaruhi selera makan kita..
    nice tips

    ReplyDelete